Friday, December 28, 2007

Contoh Psikotest

Berikut beberapa informasi yang Anda perlukan. Sebagian mungkin tidak tepat namun
mudah-mudahan ada manfaatnya:

Sample Psikotest Online
Bahasa Indonesia:

http://bursa-kerja.ptkpt.net/_karir.php?_karir=persiapan-psikotes

Berbahasa Inggris:

http://www.psychtests.com/tests/alltests.html#exclusive

http://www.2h.com/index.html

http://www.iqtestforfree.com/

http://www.highiqsociety.org/iq_tests/

Soal-soal Psikotest menyangkut:

1. Menghitung angka
2. Deret angka
3. Deret gambar
4. Permainan kata
5. Menghitung 2 angka berdekatan dari bawah ke atas (atau sebaliknya);
jumlahnya bisa ratusan angka, Anda harus belajar cepat menghitungnya.
6. Wartegg test (melengkapi 8 buah gambar, ini paling sulit, keterangan di bawah),
7. Menggambar orang
8. Menggambar pohon berdaun dan berbuah
9. EPPS, pilih di antara 2 pilihan yg mana paling mewakili diri sendiri.
10. Tes Sifat-sifat pribadi (positif dan negatif)


Saya kutipkan dari seseorang yang sudah mengikuti psikotes namun sama dengan
pengalaman saya waktu psikotes dulu sama seperti yang pernah penulis tempuh ketika mengikuti psikotest dari jam 0800 sampai 17.00.

1. Ada deret-deret angka kebawah di selembar kertas besar lalu kita diminta
menulis jumlah antara dua angka dan kalau jumlahnya puluhan yang ditulis
cuma belakangnnya saja, lalu untuk hitung setiap barisnya kita diberi waktu
2. Lalu ada deret-deret angka kek deret aritmatik, mis:
2 3 5 ... 12 nah angka yang dititik-titik itu apa (lihat latihan psikotes bahasa
Indonesia, atau beli buku tes IQ)
3. Anda juga akan dihadapkan pada soal matematika dengan kalimat. Perlu
konsentrasi penuh dan latihan dari buku IQ.
4. Tes IQ dengan gambar kotak, kubus dan berbagai gambar lainnya. Bisa
anda pelajarai di buku tes IQ.
5. Tes 8 kotak. Di dalamnya ada garis/lingkaran/titik/kotak di tiap kotaknya,
kita diminta melanjutkan gambar dari pola yang dikasi itu, kira-kira apa
gambarnya nanti dan diberi judulnya.

Ini pengalaman yang baru memecahkan teka-teki 8 gambar:
- gambar pertama bisa dengan menggambar pagar, dan diberi tanda minus, mungkin
akan dideskripsikan sebagai orang yg tidak suka dikekang, dibatasi, dsb
- gambar kedua saya menggambar jendela (beserta rumah), dan juga diberi
tanda minus, mgkn ini bisa dideskripsikan sbg org yg tidak suka hanya
melihat, tetapi juga harus ikut terlibat dalam suatu pekerjaan
- gambar ketiga dan keempat berturut2 saya menggambar mata dan alis mata
+ mata dan diberi tanda plus, mgkn nanti akan dideskripsikan sebagai org yg
memiliki visi dan pandangan yg jauh
- gambar kelima saya menggambar pelangi (beserta matahari) dan diberi
tanda plus, mgkn nanti akan dideskripsikan sebagai org yg optimis dan ceria
- gambar keenam saya menggambar jari telunjuk, dan diberi tanda plus, saya
krg begitu tau maknanya, apakah ini berarti saya suka menunjuk org, seperti
memerintah org?
- gambar ketujuh saya menggambar panah, dan diberi tanda plus, mgkn ini
maknanya goal oriented dan siap utk menghadapi hal2 baru
- gambar terakhir saya menggambar mobil dan diberi tanda plus, mgkn ini
menggambarkan siap utk berpergian jauh (jauh dr keluarga)
6. Diminta menggambar orang yang kita kagumi. Sebaiknya menggambar
orang yang aktif , sedang ada kegiatan, jangan statis.
7. Tes Menggambar pohon. Sebaiknya pohon besar ada batang, daun bunga
atau buah. Misalnya pohon mangga dengan akar dan buahnya.
mungkin dari gambar itu akan dianalisa seperti ini,
- bila gambarnya sampai mendetail, sampai keliatan daun-daunnya, mungkin orang
tersebut akan diinterpretasi sebagai orang yang perfeksionis, mendetail, dan
practical thinking tetapi lamban
- bila gambarnya tidak mendetail, mungking akan diinterpretasi sebagai orangg yang lebih
abstarct thinking, lebih progresif, tidak terlalu menyukai detail
8. Tes karangan, terserah dan bebas. Latihan menulis karangan saja dan
pengalaman kita.
9. Tes Kepribadian. Perlu latihan dan memikirkan apa yang diinginkan
pemberi tes. Misalnya: Saya a) cerdas b) licik c) pendiam
10. Tes Kepribadian. Misalnya: "Saya adalah seorang : "
a) menuruti apa kata bos/ asal bos senang
b) menuruti kemauan sendiri
11. Psikotest itu pada umumnya akan menguji kecerdasan dan kepribadian
seseorang melalui:- linguistik (tes permainan kata2)
- logis matematis (hitung-hitungan
- spatial visual (mencocokin gambar)
-dan juga memori
Perlu juga dijelaskan bahwa dalam mengerjakan semua soal berada dalam
tekanan, jadi kita harus berlatih dan tetap konsentrasi.
Semoga bermanfaat dan sukses

35 comments:

Anonymous said...

Persis bgt kaya test psiko aku waktu di ttelkomsel.
padahal itu 1st time aku test...
Bener2 kepala rasanya kluar asapnya....
Thnks bgt, moga2 nexttime aku bisa ngerjain test psiko lbh baik lagi.

Unknown said...

aku lagi butuh soal psikotest untuk interview beberapa karyawan diperusahaan aku, aku baru bgt dibidang ini, bisa ngak aku dikirimin salinan lengkap psikotest, thanks

Anonymous said...

bisa kasih contoh soal physikotes STPDN gak...

jondra said...

mhn kirimkan aq tes IQ untuk anak SD dong, via emailku

myliku said...

sya bca mdh2an bs n thank banget yach...........

hoho said...

ak minta kirimi soal test psikologi dong buat ke akpol

arzt said...

tolong kirimin aku contoh soal TPA dari Otto Bappenas dong,, abis aku besok ada TPA Bappenas euy,,

wahyu said...

tolong dong kasih contoh2 soal2 psikotest personality development

agus said...

pak minta tlg emeilin saya cntoh2 soal psikotes trutama soal masuk CPNS DEPKUE,ni sangat berharga bagi saya.thanks

darma said...

tolong kirim contoh test psikotestlah ke emailku. thanks

Anonymous said...

Untuk contoh buku psiktotest, test IQ dan test kepribadian silahkan cek di www.journalist-adventure.com

LT said...

say lagi butuh contoh soal-soal untuk psikotest calon2 karyawan di workshop saya.
mohon diberikan lengkap + panduan untuk menganalisanya.
terima kasih

Anonymous said...

TLONG KIRIMIN AKU DONK CONTOH TES PSIKOTES GAMBAR SERTA PEMBAHASANNYA

Anonymous said...

mohon kirim soal2 psikotes buat anakku yang mau masuk SMP dan SMA via emailku :
wiewiehadino@yahoo.co.id

trim bantuannya

Anonymous said...

Astaga.... anda ngaco sekali.
Paparan anda sama sekali gak sama dengan ilmu psikologi yang sudah saya pelajari.Menyesatkan !

ranee said...

tolong bantu kirimin contoh soal-soal psikotes untuk pln,, mo test hari selasa tgl 25 Nov 08,,
please,, thanks ya

Anonymous said...

Tolong donk kirim soal-soal psikotest

Arin Said said...

tolong kirimi soal psikotest buat masuk akpol,bisa g aku dikirimi salinan lengkap soal psikotest, thanks

arin said...

Tolong aku kirimi soal psikotest buat akpol, bisa g aku dikirimi salinan psikotest, thanks

Anonymous said...

Thanks soalnya,..

sekedar info,Buat temen2 yang punya minat untuk jadi Polisi,mungkin Blog ni bisa bantu kalian.

www.calon-polisi.blogspot.com

Anonymous said...

Tolong minta contoh Psikotest dari LPPM, dikirim ke e-meilku enimaya_m@yahoo.com. Makasih banget sebelum dan sesudahnya ya...

Welcome To My Blog said...

Aq juga mau tuh dikirimin contoh soalnya.krim ja ke beti26_tekno@yahoo.co.id

Anonymous said...

==Quote==
Anonymous said...
Astaga.... anda ngaco sekali.
Paparan anda sama sekali gak sama dengan ilmu psikologi yang sudah saya pelajari.Menyesatkan !
==End of Quote==

Gak apa mas/mbak, org2 yg memilih utk tersesat berarti memang milih utk gak lulus psikotes. Lagipula bukannya dgn faking-good itu malah pada akhirnya menyiksa diri sendiri ya, dengan jadi org berkepribadian tidak sesuai dgn apa adanya?

No Name said...

Thanks bwt infonya,benar2 sgt mmbantu.
tapi dapetin contoh soalx dimana ya..??

Anonymous said...

Tolong kirimin ke email ku @ ivan_helen@yahoo.com,Soal psikotes PLN dunkz, . Pleaze, . N thx sbelum'y,..

l4ngka said...

Alhamdulillah !Terima kasih ya !

Anonymous said...

awal yang baik

fais said...

tolong kirimi saya contoh soal psykotest!!!

FENDY YINATA said...

pliiis, tampilkan contoh soal psikotesnya dong ??

FENDY YINATA said...

jangan cuman informasinya ???
cs, butuh bget ^^

Asep Setiawan said...

Rekan-rekan pengunjung mohon maaf tidak bisa memenuhi permintaan Anda semua. Namun tes gambar ini sudah jelas tinggal mempraktekan saja. Terimakasih

soalpsikotes said...

SoalPsikotes2010

Do not Hesitate To Download Psychological Test 2010. It's Usefull For You To Be Pass The Company Interview Or Any Other Test.

Psychological Test 2010 contains Wartegg Drawing Test, Baum Test, Logical Arithmetic etc.

Visit Our Website Soal Psikotes 2010 It's FREE to DOWNLOAD all....

innabcd said...

tolong di email in contoh tes intelegensi kolektif indonesia (tiki) dong via destrina.maharani@gmail.com

ivana said...

Tolong kirimin contoh psikotes untuk anak SMA yg mau milih jurusan
dong..

Anonymous said...

aku minta soal tes psiko bwt daftar TNI....aku btuh bgt...tolong ya.yhnx...kirim ke emailku fela_jimbung@yahoo.com